Minggu, 20 November 2011

TENTANG TKJ

KAPASITOR
Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. struktur sebuah kapasitor terbuat dari dua buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik.bahan-bahan dielektrik yang umum dikenal misalnya udara vakum,kramik,gelas dll.jika kedua ujung plat metal diberi tegangan listrik,maka muatan-muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki (elektroda) Metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatif dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju keujung kutub positif,karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif.muatan elektrik ini  "tersimpan" selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya.dialam bebas, phenomena kapasiter ini terjadi pada saat terkumpulnya muatan-muatan positif dan negatif diawan.
kapasitansi
kapasitansi didefikanikasikan sebagai kemampuan dari suatu kapasitas untuk dapat menampung muatan elektron.coulombs pada abad 18 menghitung bahwa coulomb = 6,25 x 1018 elektron. kemudian michael faraday membuat postulat bahwa sebuah kapasitor akan memiliki kapasitansi sebesar satu farad jika dengan tegangan satu volt dapat memuat muatan sebayak satu coulombs.dengan rumus dapat ditulis : Q = cv..(1).
Q = muatan elektron dalam  C ( coloumbs)
C = nilai kapasitansi dalam F ( farads)
V = besar tegangan dalam V ( volt)
 dalam praktek pembuatan kapasitor,kapasitansi dihitung dengan mengetahui luas area plat metal (A),jarak (t) antara kedua plat metal (tebal dielektrik) dan konstanta (K ) bahan dielektrik . dengan rumusan dapat ditulis sebagai berikut : C = (8,85 x 10-12) (k A / t) ....(2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar